Cara Mengirim Naskah Cerpen Lewat Email ke Majalah

Posted by S L D BAND | Posted on | Posted in

Sekarang ada cara lebih cepat dan simple untuk mengirimkan cerpen hasil karya kita ke majalah. Yaitu lewat Email. Selain murah diongkos (tanpa biaya amplop, print, dan ongkos kirim), dengan email cerpen yang kita kirim bakalan cepet banget nyampe hanya dalam hitungan detik.

Dibawah ini ada beberapa tips yang pelu diperhatikan dalam mengirim cerpen lewat email:

- Satu file = satu naskah. Lebih baik kita menganut pedoman itu. Jangan satukan beberapa naskah di dalam satu file. Karena ini akan membuat si redaktur repot karena harus memisah -misahkan naskah tersebut ke dalam file yang berbeda-beda.

- Tempatkan juga masing-masing lampiran di dalam file yang berbeda-beda. Seperti lampiran biodata penulis, file image berisi KTP yang telah di-scan, dan seterusnya. Jangan lupa, beri nama file yang mencerminkan isi dari file tersebut. Misalnya, untuk biodata bisa diberi nama file “biodata.doc” Jangan sampai terjadi, dalam satu file terdapat beraneka ragam isi, mulai dari naskah cerpen, biodata, dan seterusnya. Ini akan sangat merepotkan tugas si redaktur.

3. Jangan menempatkan naskah, biodata dan sebagainya di badan email. Tempatkan semua itu pada file attachment. Badan email hendaknya hanya berisi kata pengantar dari Anda untuk si redaktur. Misalnya, “Dear Redaktur majalah X, berikut saya kirim naskah cerpen berjudul ‘bla bla bla’, beserta lampirannya. Terima kasih. Penulis” (sebetulnya, tanpa ada kata pengantar seperti ini pun tidak masalah. Tapi kalau mau ditulis pun tak apa-apa).

4. Pada judul atau subject email, tulis judul yang mencerminkan naskah kiriman Anda. Misalnya, “naskah cerpen - blab la bla”. Ini akan sangat membantu si redaktur untuk mengenali jenis naskah Anda sebelum mereka melihat isinya.

5. Sebagai arsip, jangan lupa isi kolom BCC dengan alamat email Anda sendiri.

Selamat mencoba…^_^

NB: beberapa cerpen ku juga sudah selesai dibuat dan siap kirim. Doain juga ya…

Comments (0)